Mei, Family Month di Korea Selatan!

Bulan Mei adalah bulan keluarga di Korea Selatan. Bukan hanya ada peringatan Hari Anak yang jatuh tanggal 5 Mei kemarin, tapi juga Hari Orang Tua yang jatuh di tanggal 8 Mei dan Hari Guru yang jatuh tanggal 15 Mei. Ketiga hari tersebut merupakan perayaan keluarga utama yang dirayakan di Bulan Mei. Selain itu sebagai tambahan, hari Senin ketiga bulan Mei merupakan hari perayaan 성년의날 atau Coming-of-age Day, tanggal 14 Mei merupakan Rose Day dan 21 Mei merupakan Couples’ Day . Berikut ini adalah cara orang Korea Selatan merayakan Family Month di Korea Selatan.

1. Children’s Day (Hari Anak) – 5 Mei
Korea Selatan mulai merayakan Hari Anak sejak tahun 1923. Karena hari ini termasuk hari libur nasional, pada tanggal 5 Mei ini biasanya seluruh keluarga berkumpul untuk merayakannya bersama. Berbagai festival juga diadakan untuk menyambut Hari Anak ini, seperti kontes atletik, pertunjukan seni, lomba menggambar dan menulis, dll. Anak-anak memakai kostum tradisional dan pergi piknik bersama orang tuanya ke kebun binatang, taman bermain, menonton film, atau ke pusat komunitas. Biasanya orang tua memberikan kado untuk anak mereka, termasuk uang. Makanan tradisional juga disajikan seperti mandu, sollongtang (sup mi+daging+nasi), songpyeon (kue beras berbentuk bulan sabit), kujulpan (daging-sayur) dll.

2. Parents’ Day (Hari Orang Tua) – 8 Mei
Seperti yang kita tahu, senioritas sangat penting dalam kehidupan masyarakat Korea. Dengan orang yang selisih satu tahun lebih tua pun kita harus menghormati, apalagi dengan orang tua sendiri. Pada awalnya, tanggal 8 Mei dirayakan sebagai Hari Ibu, tapi sekarang mereka merayakannya sebagai Hari Orang Tua, supaya adil dan ayah tidak merasa disisihkan. Walaupun hari ini bukan merupakan hari libur, pada hari ini biasanya anak-anak memberikan bunga anyelir untuk orang tuanya. Bunga anyelir merupakan lambang cinta suci dan menggambarkan cinta anak-anak yang suci kepada orang tuanya. Selain anyelir, bunga mawar dan bunga lainnya juga diberikan. Pemberian bunga merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan, dan seiring berkembangnya jaman, kadang anak merayakannya dengan cara berbeda. Bahkan sekarang ini, kabarnya anak-anak memberikan hadiah perawatan wajah untuk orang tuanya agar tetap awet muda.

3. Teacher’s Day (Hari Guru) – 15 Mei
Walaupun guru tidak ada hubungan darah dengan muridnya, di Korea guru adalah posisi khusus yang harus dihormati dan dihargai, bahkan sering dianggap sebagai orang tua kedua. Walaupun sekarang ini peraturan melarang murid untuk memberikan hadiah mahal maupun uang, pemberian bunga anyelir dan perayaan sederhana masih diijinkan. Selain itu, biasanya sekolah mengumpulkan murid-murid di auditorium untuk menyanyikan lagu dan membacakan surat untuk mengapresiasi gurunya. Mantan murid menghormati gurunya dengan mengunjungi atau menelpon gurunya. Beberapa sekolah memulangkan murid lebih awal untuk mengadakan acara khusus untuk guru. Universitas besar juga memberikan penghargaan untuk dosen-dosen berprestasi.

4. 성년의날 atau Coming-of-age Day
Hari ini adalah hari perayaan untuk orang-orang yang memasuki umur 20 tahun (umur Korea), hari dimana mereka sudah dianggap dewasa dan bisa melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Di umur 20 tahun ini mereka sudah bisa menikah, merokok, dan memberikan suaranya di pemilihan umum. Para idol biasanya menanti-nantikan umur 20 ini karena mereka pada umur ini mereka diperbolehkan untuk mendapatkan SIM mobil dan ssst… minum soju.

Di hari ini, biasanya orang dewasa baru ini mendapatkan tiga macam hadiah: bunga, parfum, dan ciuman! Ada juga perayaan tradisional yang sudah mulai hilang sekarang ini. Dalam perayaan tradisional, mereka memakai habok, pakaian tradisional mereka. Anak laki-laki memakai gat, topi tradisional dari bambu dan rambut kuda. Sedangkan anak perempuan memakai chignon dengan binyeo, ornamen hiasan rambut, di rambutnya.

Bukan hanya bisa melakukan hal-hal yang bisa dilakukan orang dewasa, tapi mereka juga harus bisa bersikap dewasa dan bertanggung jawab dengan perbuatannya lho. Jadi jangan cuma kepikir enaknya aja bisa dapat SIM dll itu ya, tapi juga harus bisa lebih hati-hati dalam bersikap.

Nah itu dia cara orang Korea merayakan Bulan Keluarga ini bersama keluarganya. Di Indonesia juga ada lho, kecuali hari peringatan menjadi orang dewasa yang cuma ada di beberapa suku saja. Hanya saja, di Indonesia bulannya beda-beda jadi perayaannya nggak barengan deh. Hayo, kira-kira kalian tahu nggak nih di Indonesia hari-hari itu dirayakan tanggal berapa aja? Jangan sampai tahu perayaan di Korea tapi nggak tahu perayaan di Indonesia lho yaa…

Source: visitkoreabuhuykoreatheparentsdaywikipediaenglish.people

Take from www.espresseoul.com

Special post coz my month anniversary guys ^^

~ by Ely on May 8, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: