Flowers Speak

Ok…let’s talk about Flowers…

Bunga Desember / Blood Lily Haemanthus multiflorus ) *nama Lily tuh๐Ÿ˜€

I. Klasifikasi
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas        : Liliidae
Ordo                : Liliales
Famili              : Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus              : Haemanthus
Spesies            : Haemanthus multiflorus
II. Deskripsi
1. Ciri-ciri umum
Merupakan tumbuhan herba yang hidup tahunan. Biasanya tumbuhan ini hidup dengan memekarkan daun serta bunganya pada periode bulan Nopember dan bulan Desember. Karena mekar bunganya berada disekitar bulan Desember maka tumbuhan ini biasa disebut Bunga Desember (Haemanthus multiflorus). Bunga Desember juga dijadikan tanda masuk awal musim penghujan, hal ini dikarenakan umbi yang tertanam dalam tanah akan tumbuh menjadi tumbuhan tingkat tinggi yang sempurna mengikuti tetesan air hujan yang ada. Tumbuhan ini hanya berkisar pada tinggi 30-90 cm. Tumbuhan Bunga Desember merupakan tanaman hias yang sangat indah. Bunga yang didominasi warna merah yang terang ini berbentuk seperti bola lampu. Selain itu, bunga ini berbentuk seperti lily sehingga bunga ini sering di sebut sebagai blood lily.
2. Batang
Bunga ini memiliki batang semu karena tidak terlihat batang yang fungsinya telah terdiferensiasi dan terspesialisasi layaknya tumbuhan tingkat tinggi. Hal ini berfungsi untuk memudahkan tumbuhan membentuk umbi pada musim kemarau untuk mempertahankan siklus hidupnya. Batang tumbuhan ini berwarna hijau muda
3. Daun
Daun Bunga Desember berwarna Hijau muda sampai hijau tua. Daun tumbuhan ini termasuk daun tunggal dengan pola pertulangan daun membentuk pola sejajar. Daunnya lanset dan mengkilap pada bagian atas dan bawah daun. Bunga Desember memiliki daun tepi rata namun ujung runcing serta memiliki pangkal tumpul. Panjang daunnya berkisar antara 25-30 cm. Sedangkan lebar daunnya berkisar antara 3-10 cm.
4. Bunga
Tumbuhan ini memiliki bunga majemuk berbentauk payung. Tanaman ini membentuk 1 tangkai bunga yang bundar agak pipih dan muncul mulai ketiak daun. Tangkai ini biasanya memiliki panjang 25-50 cm dengan diameter berkisar antara 6-20 mm. Bunganya yang majemuk memungkinkan pangkal mahkota yang berdekatan. Pangkal mahkota berbentuk contong dan panjang sekitar 12 cm dengan bintik coklat kemerahan sedangkan mahkotanya berbentuk jarum berwarna merah orange. Benang sari melengkung keluar, tangkai sarinya memiliki panjang 2-5 cm dan berwarna merah tua sedangkan kepala sari berwarna merah jambu. Disisi lain bakal buahnya berbentuk elips dan panjang sekitar 0,5 cm.
5. Buah
Buahnya berbentuk kotak dan bulat telur. Pada setiap kotak terdapat 1 biji. Buahnya berwarna hijau.
6. Biji
Tumbuhan ini memiliki biji berbentuk ginjal dengan panjang lebih dari 1 cm. Bijinya berwarna hitam kecoklat-coklatan.  Selain itu bijinya  memiliki 1 kotiledon sehingga termasuk tumbuhan monokotil.
7. Akar
Akar tumbuhan ini termasuk tipe serabut berbentuk silindris dan berwarna putih.
8. Kandungan kimia
Daun, bunga dan umbi Haemanthus multiflorus mengandung saponin
dan flavonoida, di samping itu daunnya mengandung polifenol.
9. Khasiat
Umbi Haemanthus multiflorus yang banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol berkhasiat sebagai obat luka bakar. Untuk obat luka bakar dipakai umbi Haemanlhus multiflorusyang masih segar, dicuci dan diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang luka. Polifenol yang terkandung dalam umbi Bunga Desember aktif membunuh kuman penyebab infeksi sehingga luka bakar akan cepat kering dan sembuh.

info Bunga Desember di ambil Lily dari : nurlailiarum.wordpress.com

Bunga Wijaya kusuma ( Epiphyllum anguliger )
Awal Bunga mekar
Hasil menunggu sama eomma terbayar juga.
Bunganya cantik banget๐Ÿ˜€
Karena Lily agak kesulitan mencari info tentang Bunga ini, jadinya fact tentang bunga ini seadanya aja yah…
Kalau menurut blog-blog yang Lily liat lewat mbah google, bunga ini termasuk bunga yang langka. Mekarnya aja hanya beberapa jam *itu udah Lily buktiin loh. Makanya bunga ini juga disebut bunga puspa malam. Menurut blog tersebut bunga ini hanya mekar malam saja karena sensitive dengan suhu dan sinar matahari. Lah, bunga ini juga sangat kental dengan mitos jawa *errr. Info ini diambil dari sini.

Kalau menurut flickr bunga ini hanya bisa di nikmati keharuman dan keindahannya hanya pada malam hari saja. Mekarnya hanya bertahan dengan waktu 9 jam dalam 1 malam.  Sulit banget buat cari info Bunga Wijaya Kusuma ini. Kalau eomma bilang namanya itu “Kembang Joyo Kusumo”. Waktu nge-take pakenya kamera HP biasa. Itu aja pake tambahan sinar lampu senter. Paling nggak udah bisa menambahkan kecantikan dari Bunga Wijaya Kusuma ini. Terbayarlah usaha Eomma sama Lily udah bela-belain melek sampe jam 11 malem.

~ by Ely on March 29, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: